Rabu, 11 Desember 2013

Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika 06



Mengenai persoalan dalam Ajaran Tantra, saat kini anda sekalian tentunya sedang merasa prihatin, begitu banyak orang yang mengaku dirinya sebagai guru, dan menyebarkan ajaran ke berbagai pelosok. Seperti kataku tadi, ada orang yang baru bertrisarana langsung mengaku dirinya sebagai guru. Hal demikian sudah tidak asing lagi bagi anda semua, hal ini juga sudah begitu jelas, tetapi masih juga banyak orang yang memujanya, dan mengikutinya belajar.

Bahkan di dalam “menurunkan ajaran” ala dia, akan bercampur dengan cara melatih diri yang kacau balau. Baik di Beijing, wilayah utara, selatan, barat, Sichuan, Hongkong, Asia Tenggara, Taiwan, Amerika……….juga ada kejadian serupa, ini merupakan penyakit batin.

Banyak orang yang berminat belajar Ajaran Tantra, awalnya ini merupakan hal yang bagus, tetapi untuk belajar Tantra anda harus bisa membedakan dengan jelas akan hal ini. Ibarat di pasar banyak dijual barang asli tapi palsu. Contohnya botol kosong Bir Maotai dapat dijual dengan harga yang tinggi, karena penadah akan membelinya untuk diisi kembali dengan bir palsu, orang ini telah memalsukan Bir Maotai. Jika anda hanya minum sedikit arak palsu tidak masalah, tetapi jika di dalamnya bercampur dengan zat beracun, maka anda sedang mengkonsumsi racun. Maka itu masalah ini amat berbahaya.

Jadi bila ingin belajar Ajaran Tantra, terlebih dahulu anda harus memiliki pengetahuan dan pandangan yang benar, ini adalah syarat pertama.Yang kedua, anda harus tahu bagaimana cara untuk memilih guru.

Maka itu dikatakan sangat sukar, yang pertama anda sendiri harus memiliki pandangan yang amat benar, yakni segala hal yang tidak benar, anda takkan sudi melakukannya, praktisi ini harus teguh. Yang kedua adalah anda memiliki mata jeli untuk menilai dan memilih guru. Di Tibet, semua orang melatih diri dengan mengandalkan guru, maka itu anda harus melihat guru anda selama tiga tahun. Guru juga harus melihat anda selama tiga tahun. Bukan seperti kita di sini setelah datang bersujud sekali, sesudah itu sebulan bahkan setahun tidak nampak batang hidungnya. Di sana setiap hari harus bersama. Sekecil apapun tindakan anda akan diamati, ini adalah sebuah cara untuk melihat.

Dikutip dari ceramah Upasaka Huang Nianzu
Judul : Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika


至於說到另一個感想,那就是有關學密的問題。現在,確實大家都在感慨,種種人都掛起牌子來稱自己為上師,還四處傳法。剛才我不就說了嗎,有人剛剛皈依,他就說是自己是上師了。這樣的事情大家是熟視無睹了,這個事不是都明明白白的嗎,但是還是很多人敬仰他,很多人去學。並且,在他的所謂傳法中,都夾帶著一些亂傳亂修《封神榜》的內容。這種事,咱們這(指北京)有,北方有、南方有、西方也有,就是陝西一帶、四川、香港、東南亞、臺灣、美國……都有,都是這個毛病。不少人想學密宗,這個事本來是好事,但是要知道學密會有許多這種情況需要你去辨認。就好像現在市場上這個冒牌貨太多了一樣。比如茅臺酒吧,一個空瓶子賣二十八元,為什麼這麼貴?因為收購者拿回去在它那裏裝了假酒後,他再冒充茅臺賣。你吃了點假酒還不要緊,可萬一往裏兌點什麼毒藥擱進去,對點砒霜什麼的,那你就是服毒。所以這個事確實是很危險的。

那麼,真要想學密,你首先要有一個正的知見才成,這是第一個要求。

第二個,你要知道如何去選擇老師。所以說很難,第一個你自己要有個很正的知見,就是一切不正的事情不肯做,這個人要很正派。第二你要有測師的眼光。在西藏,因為大家修行都是依靠師父,所以你還要看師父三年呢。師父也要看你三年,那個看,可不是像咱們這,磕一個頭,然後一個月甚至一年都不見面。那裏是天天在一塊。你一舉一動都看在眼裏,是這樣的一個看法。

摘自:訪美雜談
 黃念祖老居士主講