Kamis, 01 Mei 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 54



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 54

Pertanyaan :

Praktisi Ajaran Buddha melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, demi menjaga kesucian hati, maka semakin sedikit urusan makin baik. Namun dalam maitri karuna, tidak mungkin kita melihat orang-orang di sekitar kita yang menderita dan kita hanya berpangku tangan, bagaimana caranya mengatasi hal yang bertentangan ini?

Master Chin Kung Menjawab :

Hati suci dan hati maitri karuna tidak bertentangan sama sekali, namun khayalanmu, perbedaan, kemelekatan yang menciptakan pertentangan. Buddha mengajarkan pada kita daripada banyak urusan lebih baik sedikit, melatih kesucian hati, mengajari kita agar tidak menyimpan masalah di dalam hati, andaikata semua urusan di luar diri juga harus dilepaskan, maka buat apa Buddha Sakyamuni muncul ke dunia ini untuk membabarkan Dharma lebih dari 300 persamuan, selama 49 tahun, bukankah ini banyak kerjaan?

Di dalam Ajaran Mahayana, Buddha mengatakan sepanjang hidupNya Beliau tidak pernah membabarkan sepatah kalimat sutra sama sekali, tidak pernah mengucapkan keluar sepatah perkataan sama sekali, Hati Buddha suci, mengucapkan serupa tidak mengucapkan, tidak mengucapkan serupa mengucapkan, ini baru hebat, ini benar-benar telah melepaskan.

Maka itu para praktisi sekalian, ingatlah bahwa melepaskan itu adalah melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, bukannya melepaskan tugas dan kewajiban. Andaikata tugas juga harus dilepaskan, maka buat apa Buddha dan Bodhisattva datang ke dunia ini? Andaikata hatimu tidak bisa melepaskan kemelekatan, maka hatimu tidak suci; hati yang suci pasti tidak mengandung hal-hal lainnya, yakni dalam segala hal bebas tanpa rintangan , dengan demikian hati barulah benar-benar suci.


問:學佛人念佛求生淨土,為了心清淨,多一事不如少一事。但慈悲心使然,對身邊人的苦難不能視而不見,袖手旁觀,請問如何處理這種矛盾?

答:清淨心與慈悲心沒有矛盾,是你妄想、分別、執著造成矛盾。佛教我們多一事不如少一事,修清淨心,是教我們心裡不能有事,如果外面這些事情都要放下,釋迦牟尼佛何必到這個世間來示現,講經三百餘會,說法四十九年,這不多事嗎?大乘經教裡,佛說他這一生從來沒有講過一句經,從來沒有說過一個字,佛心地清淨,說而無說,無說而說,這才真正高明,這真正是放下。所以諸位要記住,放下,是放下妄想、分別、執著,不是把事都放下。事都放下,佛菩薩來這幹什麼?如果你心裡放不下,你的心就不清淨;清淨心絕對不礙繁雜的事,也就是理事無礙,事事無礙,這心才真正清淨。21-268-0001