Senin, 21 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 15




Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 15

Pertanyaan :

Andaikata tidak ada hati yang membeda-bedakan, apakah juga boleh mendengar ceramah Dharma di vihara lain yang menganut Ajaran Buddha murni?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika tidak memiliki hati perbedaan, maka boleh mendengar ceramah Dharma di vihara lain. Dalam kisah “Sudhana mengunjungi 53 orang kalyanamitra”,  menjelaskan pada kita, guru Sudhana adalah Bodhisattva Manjusri, setelah tamat belajar dari Bodhisattva Manjusri, Sudhana berkelana untuk menambah pengalaman belajarnya, mengunjungi siapa saja dan di mana saja, ini memberi manfaat padanya.

Andaikata sudah menjatuhkan pilihan pada pintu Dharma mana yang akan dipelajari, “pintu Dharma setara, tidak ada yang tinggi maupun rendah”, maka tak perlu mengkagumi pintu Dharma lainnya lagi, tidak perlu mengubah pintu Dharma yang sedang dipelajari, tetapi boleh mendengar pintu Dharma lainnya, terhadap pelatihan diri sendiri ada manfaatnya, membantu diri sendiri untuk tercerahkan, membantu diri sendiri untuk memasuki samadhi.

Tetapi andaikan diri sendiri tidak memiliki ketetapan hati, tidak memiliki kebijaksanaan, maka haruslah “menfokuskan diri pada satu pintu Dharma saja”, menanam akar dengan kuat, barulah boleh mempelajari yang lainnya. Jika tidak demikian maka mendengar pintu Dharma ini sungguh bagus, pintu Dharma itu juga bagus, akhirnya anda jadi bingung untuk menentukan pilihan, maka ini sungguh bahaya. Maka itu, diri sendiri harus teguh untuk tidak pindah ke aliran lainnya, barulah boleh mendengar ajaran pintu Dharma lainnya.


問:如無分別心,請問是否也能在其他正信的佛教道場聽佛法?

答:若無分別心,則可以在任何道場聽法。《善財童子五十三參》就是很明白的教誨,善財童子的老師是文殊菩薩,他在文殊菩薩那裡畢業了,就到處參學,任何法師都去請教,任何道場都去參訪,這對他只有利益沒有損害。自己所修行的法門既然選定了,「法門平等,無有高下」,不必羨慕其他法門,不必改學其他法門,但是其他法門可以聽,對自己有幫助,幫助自己開悟,幫助自己入甚深禪定。但如果自己沒有定功,沒有智慧,就先要「一門深入」,把自己的根基紮好,然後再參學。否則,聽這個法門也好、那個法門也好,到最後你無所適從,這就壞了。所以,自己堅定不移學一個法門,才可以聽其他一切法門。21-090-0073