Jumat, 28 Maret 2014

Pelimpahan Jasa 20




Tanya Jawab Seputar Pelimpahan Jasa 20

Pertanyaan :

Sebagai putra-putri membuat pelimpahan jasa buat ayahbundanya, ada yang mengundang pendeta Tao, ada yang mengundang anggota Sangha, apakah almarhum ayahbunda bisa menerima manfaatnya?

Master Chin Kung Menjawab:

Baik itu adalah Ajaran Buddha, Aliran Tao maupun aliran lainnya, prinsip dalam melakukan pelimpahan jasa hanya satu yakni pemimpin upacara yang melakukan pelimpahan jasa itu harus telah trampil dalam melatih diri. Jika dia tidak memiliki ketrampilan dalam melatih diri, hanya menuruti tata cara upacara saja, maka manfaat yang diterima almarhum tidaklah banyak, ini adalah sebuah prinsip.

Maka itu waktu mengundang anggota Sangha maupun pendeta Tao, terlebih dulu amati dengan seksama apakah dia memiliki pelatihan diri atau tidak. Jika dia memiliki pelatihan diri, barulah bisa membantu; jika yang tidak melatih diri, hanya menuruti tata cara upacara kebaktian maka hasilnya takkan besar. Tetapi secara kasar, lebih baik melakukannya daripada tidak sama sekali.




問: 子女為過世的父母做超度,有的請道士,有的請法師,不知去世父母是否能得到超度?

答:無論是佛教、道教或其他宗教,超度的原理只有一個:超度的人要有真正修行功夫。他如果沒有功夫,照儀規去做,亡人得利益不多,這是個總原則。所以你請法師或道士超度,要細心觀察他有沒有道行,修得怎麼樣。他真正有修持,就真的有幫助;他要沒有修持,只是照儀式去做,效果不大。但一般講,做比不做好就是了。21-268-0001