Senin, 21 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 14



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 14

Pertanyaan :

Sejak mendengar Buddha Dharma, merasa Dharma itu begitu luas dan mendalam, saya bersedia memperbanyak kesempatan mendengar ceramah, tetapi keluargaku tidak mau memahaminya, takut saya akan kerasukan Mara, terkadang tak terhindarkan dari adu mulut, sehingga berdampak pada kesucian hati. Selain bersabar, maka terlebih dulu saya berusaha melepaskan kemelekatan, kerisauan, kemudian dengan perasaan sukacita mencari kesempatan yang tepat untuk menyelamatkan keluargaku.

Selain cara demikian, apa lagi yang harus kulakukan?

Master Chin Kung Menjawab :

Anda dapat berlaku sedemikian sudah sangat bagus. Sebelum belajar Ajaran Buddha, jika terjadi adu mulut, mungkin anda akan melakukan perdebatan; tetapi setelah belajar Ajaran Buddha, dia berdebat denganku, tapi saya takkan berdebat dengannya, perlahan keluarga anda akan merasa heran. Jika mereka bertanya alasannya, maka anda mempergunakan kesempatan ini untuk menceramahkan Dharma, memberitahukan pada mereka tentang kebenaran.

Dalam kehidupan ini kita datang ke dunia, apa makna dari terlahir sebagai manusia? Yakni harus meningkatkan kemajuan batin kita, ini adalah makna sesungguhnya dari hidup manusia. Kita harus mengarah ke mana untuk meningkatkan kemajuan batin ini?  Yakni harus mengarah ke arah ajaran dan moralitas untuk meningkatkan kemajuan batin, dan takkan mengarah ke lobha, dosa dan moha untuk meningkatkan kemajuan batin.

Juga katakan pada mereka bahwa ketamakkan akan jatuh ke alam setan, kebencian akan jatuh ke alam neraka dan kebodohan akan jatuh ke alam binatang,  meningkatkan lobha, dosa dan moha, kelak kesempatan jatuh ke alam penderitaan akan semakin kuat.

Jika bersedia melepaskan lobha, dosa dan moha, giat melatih sila, samadhi dan prajna, meningkatkan kebajikan dan moralitas, masa depan akan gilang gemilang, meskipun tidak melafal Amituofo dan tidak bertekad lahir ke Alam Sukhavati, pasti terlahir di surga menikmati pahala, maka kelahiran kali ini takkan sia-sia dan bernilai, anda boleh menjelaskan tentang hal ini. Secara terperinci cara ini dapat dibaca di “Empat Ajaran Liao-Fan”, isinya sangat bagus, sangat sesuai untuk masyarakat masa kini.


問:自聞佛法,感其博大精深,願多聽多讀,但家人尚不理解,擔心本人走火入魔,有時不免怨言和爭論,影響了自己的淨心。我除了忍之外,尚先解開自己的執著、煩惱,有歡喜心後再應機緣度家人。請問除此之外,我應如何做?

答:你能這樣做就很好了。未學佛前,有爭論時,你也會爭;學佛後,他爭我不爭,慢慢的家人就感覺奇怪。若問,你就隨機說法,告訴他真理。我們這一生到人間來,得人身的意義究竟為何?就是必須將自己的境界提升,這就是人生真正的意義。我們應向哪一方面提升?應向道德方面提升,絕不向貪瞋痴方面提升。並告訴他,貪心墮餓鬼,瞋恚墮地獄,愚痴墮畜生,提升貪瞋痴慢,將來墮三惡道的機會就加強了。若放棄貪瞋痴,勤修戒定慧,向仁義道德方面提升,前途是無量光明,即使是不念佛,不求生淨土,也決定生天享天福,如此這一生就沒有白來人間,來得就真有意義、有價值,你要把這些道理講清楚。具體的方法,你可以讀《了凡四訓》,《了凡四訓》的教誨非常好,對於現代社會,可說是通情達理。21-090-0073