Selasa, 01 April 2014

Tanah Suci 04



       Tanya Jawab Seputar Tanah Suci

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa untuk terlahir ke Alam Sukhavati itu sangat sulit, apalagi hendak bertemu dengan Buddha, maka itu mereka lebih menyanjung para anggota Sangha, menumpukan harapan pada Master-master.

Saya merasa heran mengapa mereka malah bukan mengandalkan insan terhebat di alam semesta ini yakni Buddha Amitabha?

Master Chin Kung Menjawab :

Pemikiranmu benar adanya. Di dalam Empat Andalan Dharma (Catvari Pratisaranani), Buddha membabarkan pada kita : “Mengandalkan Dharma dan bukan pada orangnya”, siapa yang disebut dengan  orang? Yakni para anggota Sangha. Meskipun para Master-master memiliki pelatihan diri yang bagus, dan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi ini tidak ada hubungannya denganmu, apakah bisa kamu andalkan?

Maka itu yang harus diandalkan adalah Buddha Amitabha.  Buddha Amitabha ada di mana? Andaikata di rumahmu ada memuja rupang Buddha Amitabha dan anda mengandalkannya, maka ini sudah salah. Pepatah berkata : “Bodhisattva tanah menyeberangi sungai, sendiri saja tidak bisa melindungi diri sendiri”.

Jadi bila anda mengandalkan Bodhisattva tanah, bagaimana bisa ada jaminan? Haruslah mengandalkan Buddha Amitabha yang sesungguhnya, jadi di manakah Buddha Amitabha itu? Ada di “Sutra Usia Tanpa Batas”, “Amitabha Sutra”, “Amitayurdhyana Sutra”, barulah disebut Buddha Amitabha yang sesungguhnya. Dengan mengandalkan kebenaran yang tertera dalam sutra, memahaminya dengan jelas lalu melatih diri sesuai dengan ajaran, giat mengamalkannya sehingga berhasil, inilah yang disebut berlindung pada Buddha Amitabha.

Saya pernah mengatakan, jika anda dapat mengamalkan ajaran yang tertera dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” sebanyak 100 persen, maka dapat terlahir ke Alam Sukhavati pada bunga teratai tingkatan atas bagian atas;  jika hanya dapat mengamalkan sebanyak 90 persen, sementara 10 persen tidak sanggup diamalkan, maka terlahir ke Alam Sukhavati pada bunga teratai tingkatan atas bagian menengah; jika anda hanya dapat mengamalkan 80 persen dan sisanya 20 persen tidak sanggup diamalkan, maka terlahir ke Alam Sukhavati pada bunga teratai tingkatan atas bagian bawah. Demikianlah urutannya sampai ke tingkatan bawah bagian bawah juga harus bisa mengamalkan sebanyak 20 persen. Dengan perkataan lain, jika hanya 20 persen saja tidak sanggup diamalkan, maka tidak ada jaminan bisa terlahir ke Alam Sukhavati. Saya memakai cara ini untuk menjelaskan tentang sembilan tingkatan bunga teratai di Alam Sukhavati.

Ajaran Buddha menitikberatkan pada pelaksanaan, jika hanya teori mana bisa, tidak bisa berhasil. Di dalam pelaksanaan barulah ada pemahaman dan pandangan benar, maka itu harus giat melatih diri.

Anggota Sangha hanya bisa memperkenalkan Ajaran Buddha pada kita, budi kebajikan mereka pada kita adalah karena telah memperkenalkan Ajaran Buddha pada kita, kita berterimakasih pada budi kebajikan mereka. Tetapi untuk urusan melatih diri adalah tergantung pada diri sendiri, tidak bisa mengandalkan Master-master.

Berlindung pada Sangha adalah berlindung pada jiwa sejati diri sendiri, tiga mustika adalah pencerahan, kebenaran dan kesucian, Buddha adalah pencerahan dan tidak salah arah, Dharma adalah kebenaran dan tidak sesat, Sangha adalah suci dan tak ternoda; bukanlah berlindung pada rupang Buddha, buku sutra dan anggota Sangha.

Semoga praktisi sekalian dapat mengamatinya dengan seksama, jangan sampai salah arah, jika tidak, kita berbaik hati ingin melatih diri, malah hasilnya bukan seperti yang diharapkan, sungguh disayangkan!



問:有些人認為去西方極樂世界很難,見佛極為不易,所以他們的重心放在大法師身上,想依靠這些大法師。我的想法是與其依賴這些大法師,何不去依賴宇宙之中最厲害的阿彌陀佛?阿彌陀佛比大法師厲害多了,末法眾生他都能度,否則就不算厲害了。請問這樣想有沒有錯?

答:你想的非常正確。佛在四依法裡告訴我們:「依法不依人」,人是什麼?就是你所講的這些大法師。大法師他縱然修得好,他能往生,但與你不相干,你靠他能靠得住嗎?所以,一定要依靠阿彌陀佛。阿彌陀佛在哪裡?如果你家裡供一尊阿彌陀佛的佛像,你依靠他,那也錯了。諺語常講:「泥菩薩過河,自身難保。」你依靠他,怎能靠得住?一定要依靠真正的阿彌陀佛,真正的阿彌陀佛在何處?《無量壽經》、《阿彌陀經》、《觀無量壽佛經》就是真正的阿彌陀佛。你依照經典上的理論、方法與境界,透徹的明瞭,認真去修學,努力去做到,就是全身投靠阿彌陀佛。

我曾經說過,如果你將《無量壽經》上所有的教訓百分之百做到了,就能上上品往生;你能做到百分之九十,還有百分之十做不到,就是上中品往生;假如你只能做到百分之八十,還有百分之二十做不到,那你是上品下生。如此遞減,減到下下品往生,也要做到百分之二十。換言之,百分之二十都做不到,往生就靠不住了。我是用此方法來解釋三輩九品。

佛法重點在於行、在於實踐,光說不行,不能成就。一定要在行,你的見解、看法是正確的,一定要努力認真去修學。法師只能為我們介紹,他對我們的恩德是將佛法介紹給我們,我們感激他的恩德。至於修行一定要靠自己,不能依賴法師。

  我們講皈依是皈依自性三寶,三寶是覺、正、淨,佛是覺而不迷,法是正而不邪,僧是淨而不染;不是皈依泥塑木雕的佛像,不是皈依經本,不是皈依出家人。希望大家一定要留意,千萬不要錯了方向,否則我們好心修學,最後的結果不是自己的願望,就非常可惜!24-007-0003