Rabu, 11 Desember 2013

Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika 05




Kemampuan gaib juga dimiliki oleh tingkat kesucian Sotapanna sampai Arahat, di dalam samadhi juga dapat ditemukan sebagian kekuatan gaib. Kekuatan gaib yang dimiliki Sakadagami lebih mendalam daripada Sotapanna. Seorang Arahat dapat mengetahui kejadian di tiga ribu maha ribu dunia. Alam semesta ini luas sekali, Arahat dapat mengetahui peristiwa di tiga ribu maha ribu dunia, tetapi mereka tidak bisa mengetahui persoalan di luar cakupan tiga ribu maha ribu dunia. Maka itu Arahat tidak mendengar nama Buddha di penjuru lainnya, Alam Buddha yang lain, masih ada tiga ribu maha ribu dunia yang lainnya, Arahat tidak tahu akan hal ini, maka itu Arahat juga tidak sempurna. Bodhisattva tingkat pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya juga memiliki kekuatan  gaib.

Makanya kekuatan gaib ini sesungguhnya tampak amat kecil dan tidak berarti!  Kekuatan gaib hanyalah sebuah hal yang dapat dikesampingkan, dan yang harus kita latih adalah “maitri dan prajna”,”perpaduan karuna dan prajna”, ini barulah merupakan dasar bagi kita! Maka itu di atas kekuatan gaib adalah “kekuatan Dharma”.

Mungkin ada yang bertanya bahwa apakah Buddha juga memiliki kekuatan gaib? Ya, Buddha memiliki kekuatan gaib, yakni langsung menunjuk ke dalam hati manusia, sehingga menemukan jiwa sejati mencapai KeBuddhaan! Demikianlah kekuatan gaib yang dimiliki Buddha.

Pada masa dulu tidak terdengar begitu banyak ilmu gaib seperti sekarang ini, sehingga kami juga agak terkejut. Sesungguhnya ini juga amat alamiah, asalkan dapat memusnahkan ilmunya, bukankah dia juga akan kembali pada kondisi semula.

Pada masa pemerintahan Sun Quan, Ajaran Buddha baru masuk ke Tiongkok, Sutra Usia Tanpa Batas pertama kali diterjemahkan pada masa tersebut, yang disebut dengan “Terjemahan Wu”. Setelah Ajaran Buddha masuk ke Tiongkok, Sun Quan juga pernah mengadakan konferensi, beliau berkata : “Di sini bagus bukan, apakah kalian sudi menerima Ajaran Buddha?”

Ada orang yang menjawab : “Kami Ajaran Tao mengakui langit sebagai guru kami, sedangkan langit berguru pada Buddha!”

Lihatlah, ketika Buddha membabarkan Dharma bukankah para dewa di langit juga turut hadir mendengarnya?  Para leluhur kita mengakui langit sebagai gurunya, dan para dewa langit berguru pada Buddha. Maka itu Buddha merupakan yang paling tinggi dan paling suci, Ajaran Buddha adalah ajaran yang paling menyeluruh. Karena Ajaran Tao dan ajaran lainnya, tingkatan paling tinggi yang mereka capai adalah Rupa Loka, kesimpulannya tidak dapat terlepas dari “enam alam tumimbal lahir”, masih harus berputar di lingkaran tumimbal lahir. Dapat keluar dari tumimbal lahir, ini barulah tujuan yang paling dasar dari Ajaran Buddha. Maka itu kita harus menggambar garis batas Trisarana dengan jelas, di sisi lain terhadap Ajaran Buddha, kita juga harus meningkatkan pikiran suci dan rasa hormat. Kita dapat meyakini Buddha adalah hal yang terunggul dan paling bahagia dalam kehidupan manusia.

Dikutip dari ceramah Upasaka Huang Nianzu
Judul : Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika



所謂“神通”,阿羅漢從初果起都有通。禪定之中也可以發現一部分通。二果勝於初果。一個阿羅漢就可以瞭解三千大千世界以內的事情。這個宇宙大的不得了,能瞭解三千大千世界,但是他不能瞭解三千大千世界以外的事情。所以阿羅漢不聞他方佛名子,另外一個佛土、另外一個三千大千世界是什麼,他就不知道了、他就不究竟了。地上菩薩就高了,初地、二地、三地……到十地,這就屬於“神通”。

現在出現的這些奇異功能,不能稱為“神通”。相比之下那就太渺小了!所以這些特異功能都稱為“聖末邊事”,而我們真正修的是“慈悲和智慧”、“悲智雙運”,這才是我們的根本!所以在這個“神通”之上就是“道通”。

我們這個“無往生心”就是道通。心中無所住而生其心,明明朗朗,一念不生。無量恒河沙的妙用,才為“道通”。這個才真正的高哇!那麼有人會問:佛的神通呢?那就要比剛才說過的阿羅漢神通、菩薩的神通要高得多了。不僅僅是如此,佛獨特的稱為“佛神通”的,就是“直指人心,見性成佛”呀!能讓你、直指你,讓你自己能見到自己的本性,能成佛。所以,佛的大事因緣也就是:開示佛的知見,讓眾生悟入佛的知見。佛的神通也就是這個,佛的神通也就是如此。

我們對於當今出現的種種奇異功能,過去大家沒有聽到過這麼多,忽然聽到很多,便有些個驚訝。其實這也很自然。如果把他道破了,那也就是這麼一回事罷了。

當年,在孫權那個時候,佛教剛剛傳來中國,《無量壽經》就是當年在孫權那邊翻譯了一部,稱為“吳譯”。孫權在佛教來中國的時候也開過會議的,他說:“我們這很好嗎,要不要佛教來呀?”

於是有人對孫權說:“我們這個道教的聖人是以天為師的,拿天當老師,效仿於天,而天是以佛為師呀!”

你看,佛說法諸天都來聽嘛,咱們的古聖先賢,那都是以天為師,拿天作老師,學這個法。而天又是以佛為師的。所以,佛是天中之天,聖中之聖,佛教是最徹底的教。因為道教和其他的宗教,最高是升到色界天,總之還沒有出“六道”,都是要再輪迴的。能夠出輪迴,這才是佛教最基本的宗旨。所以,我們一方面要劃清“三皈依”的界線,另一方面我們也要對佛教升起很清淨、很尊崇、很敬仰的心。我們能夠信佛,這是人生最殊勝、最幸福的事情。


摘自:訪美雜談
 黃念祖老居士主講