Rabu, 09 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 13



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 13

Pertanyaan :

Sewaktu melafal Amituofo terasa mengantuk, tidak sanggup berkonsentrasi, tubuh juga tidak sanggup ditegakkan, bagaimana cara mengatasinya?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini adalah gejala yang dialami praktisi pemula pada umumnya, ini karena ketrampilan melatih diri masih belum maju. Ketika Buddha Sakyamuni masih membabarkan Dharma di dunia ini, di dalam pesamuan juga tidak sedikit yang mengantuk, jadi ini adalah gejala yang umum, juga boleh dikatakan gejala yang biasa, anda tidak perlu terlalu merisaukannya, tetapi juga harus memikirkan cara untuk mengatasinya.

Sebagian besar praktisi pelafal Amituofo mengantuk pada saat duduk melafal Amituofo, saat meditasi, memejamkan mata melafal Amituofo, tidak berapa lama kemudian lalu tertidur.

Gejala yang lain adalah saat duduk maupun berdiri tidak bisa menenangkan diri, ini karena khayalannya terlampau banyak, pikirannya melayang tak menentu. Semua ini karena ketrampilan melatih diri yang belum maju, tetapi harus diatasi.  

Jika terasa mengantuk, maka bangun dan lakukan cavkramana, jangan duduk lagi.  Cavkramana adalah berjalan perlahan sambil melafal Amituofo. Atau dengan cara melakukan namaskara dengan penuh hormat, setelah bernamaskara puluhan hingga ratusan kali, rasa ngantuk jadi hilang, anda harus tahu cara menyeimbangkan tubuh.  

Jika khayalan terlalu banyak, pikiran melayang entah ke mana, maka duduklah dengan tenang dan memakai cara meditasi, pusatkan perhatian ke dalam lafalan Amituofo, atau boleh merenungkan rupang Buddha yang sedang dipuja, atau merenungkan kebenaran yang tercantum di dalam sutra, sehingga perhatian anda jadi terpusat, maka khayalan akan semakin sedikit.

Kesimpulannya, harus menarik kembali niat pikiran, jangan biarkan bentuk-bentuk pikiran, khayalan terus berkembang.   



問: 念佛會打瞌睡,精神提不起來,身體支持不下去,請問要如何克服?

答:初學的人往往有這種現象,這是功夫不得力。釋迦牟尼佛在世時,講經說法的大會裡也有不少人在打瞌睡,所以這是一般的現象,也可以說是一種正常的現象,你不必太憂慮,但是要想方法來克服。

一般念佛打瞌睡多半發生在止靜時,就是打坐的時候,閉著眼睛念佛,沒有多久就睡著了,這是昏沈。另外一種現象是坐立不安,就是妄念特別多,心裡七上八下,這是掉舉。這都是功夫不得力,但是一定要克服。

  若發生昏沈現象,就起來經行不要再坐了。經行就是散步,也就是散步念佛。或者用拜佛的方法,恭恭敬敬拜佛,拜幾十拜,拜一、二百拜,瞌睡自然就沒有了,你要懂得如何來調適身體。如果是妄念太多、妄想紛飛,此時就定下來用打坐的方法,精神著重在佛號上,或者觀想供的佛像,或者觀想佛經上所講的理論,使精神集中,妄想漸漸就會減少。總之,要把念頭轉過來,不要讓雜念、妄想繼續發展。
而佛經講的「三十七道品」,七覺支(七菩提分)就是對治這兩種毛病的方法,可以仔細去看看。24-007-0004