Senin, 17 Februari 2014

Tanya Jawab 91



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Andaikata waktu mengambil Trisarana adalah di vihara lain, apakah dengan begitu maka kita sudah menjadi umat tetap vihara tersebut, segalanya harus dilaksanakan sesuai dengan perintah vihara tersebut?


Master Chin Kung Menjawab :

Tidak juga. Trisarana adalah bertekad untuk menjadi siswa Buddha yang resmi, mengamalkan sesuai Ajaran Buddha, inilah yang disebut dengan belajar. Seperti kita masuk sekolah, mendaftar secara resmi menjadi murid sekolah tersebut, demikian pula berTrisarana barulah telah menjadi siswa yang resmi.

Setelah berTrisarana juga tidak harus belajar di vihara yang sama, anda boleh berkunjung ke vihara-vihara lain, memilih vihara yang cocok dengan diri sendiri, maka anda dapat belajar dengan tetap di vihara tersebut.

Trisarana, setiap insan hanya boleh mengambilnya sekali saja seumur hidup, dan bukan mengambil Trisarana di setiap vihara, oleh karena kita berTrisarana pada Triratna dan bukan pada salah seorang Bhiksu, juga bukan berTrisarana pada salah satu vihara, tetapi berTrisarana pada keseluruhan Buddha Dharma.

Maka itu, setiap vihara adalah tempat kita melatih diri, setiap anggota Sangha adalah guru kita. Kita harus menggunakan hati yang tulus, suci, seimbang untuk memperlakukan semua makhluk, inilah makna dari Trisarana.

Setelah mengambil Trisarana, maka harus belajar, yang terutama adalah memilih guru pembimbing, kita harus seksama dalam memilihnya, ini sangat penting. Saya harus menentukan pilihan pada seorang guru, saya juga menjatuhkan pilihan pada vihara ini, karena saya merasa vihara ini sesuai untukku, guru pembimbing ini berjodoh denganku, saya ingin belajar dengannya.





問:在某一道場皈依,請問是否就屬於此道場之人,一皆按此道場的吩咐辦事?

答:不一定。皈依是發願正式做佛的學生,依佛的教誨奉行,就是學習。就像我們入學校,正式報名註冊當學生,沒有皈依的是旁聽生,皈依才是正式的學生。至於皈依之後,也不一定在自己皈依的道場學習,你可以多參訪道場,選擇適合自己的道場,你就可以依止那個道場。

皈依,一個人一生只有一次,而不是到處皈依,因為我們是皈依三寶,不是皈依某一個法師,不是皈依某一個道場,而是皈依總體的佛法。所以,任何佛教道場都是我們修行的地方,任何出家法師都是我們的老師,我們的心要以真誠、清淨、平等來對待,這是皈依的大意。至於學道,皈依之後要修學,最重要的就是傳法的老師,這才是真正重要。我選定這個法師,選定這個道場,是我覺得這個道場適合自己,這個法師跟我有緣分,我願意跟他學,這在佛門稱為「法子」。他把佛法傳授給我,我跟他學習,這個關係是最密切、最重要的。21-90-73