Selasa, 01 April 2014

Tanah Suci 05



Tanya Jawab Seputar Tanah Suci

Pertanyaan :

Andaikata melatih diri belum mencapai tingkatan trampil, tetapi dengan membangkitkan keyakinan dan tekad secara menyeluruh, apakah dengan demikian saat menjelang ajal juga bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Master Chin Kung Menjawab :

Master Ou Yi berkata bisa. Jujur saja, jika sanggup membangkitkan keyakinan dan tekad secara menyeluruh, kami yakin dia sudah memiliki ketrampilan melatih diri, coba pikirkan benar bukan?

Dia dapat meyakini dengan mendalam, bertekad bulat, segenap hati ingin terlahir ke Alam Sukhavati, tentu saja tidak melekat lagi dengan dunia ini, apakah dia akan menaruh hal-hal duniawi di dalam hatinya? Jika masih bertumpuk hal yang dikhawatirkannya, maka ini tidak mungkin bisa dikatakan sebagai keyakinan dan tekad menyeluruh. 

Jadi yang disebut dengan keyakinan dan tekad menyeluruh pasti sudah melepaskan semua kemelekatan, perhatiannya takkan bercabang-cabang lagi, menyadari bahwa selama kalpa yang tak terhingga, hal inilah yang telah mencelakainya.

Sesungguhnya semuanya adalah khayalan semu, bukanlah nyata, buat apa menaruhnya di hati, sehingga menyia-nyiakan kesempatan baik terlahir ke Alam Sukhavati, ini sungguh disayangkan.
  



   問:如果功夫未達成片,但具深信切願,請問命終者能否往生?

答:蕅益大師說可以。說實實在在的話,如果能做到深信切願,我們相信他功夫已經成片了,你們想想對不對?他信得很深,願很切,一心一意就想到西方極樂世界去,這個地方當然就不顧了,他還會把世間放在心上嗎?如果牽腸掛肚的事情一大堆,自稱深信切願,那是你自以為深信切願,不是真的。真的深信切願一定是統統放下,不再搞夾雜、間斷,能夠曉得無量劫來就是被這個害了。確確實實一切都是虛妄的,都不是真實,何必把它放在心上,把自己大好因緣耽誤掉,這是真正可惜。21-270-0001