Minggu, 12 Januari 2014

Tanya Jawab 68



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Bagaimana caranya menunaikan bakti pada ayahbunda tetapi tidak menaruh terlalu banyak kemelekatan di dalamnya?


Master Chin Kung Menjawab :

Kasih sayang adalah hati nurani yang penuh kebajikan. tetapi di dalam kasih sayang jangan ada unsur mementingkan diri sendiri, jika di dalamnya terkandung rasa egois maka kasih sayang tersebut akan berubah. Anda menyayangi ibundamu, bersamaan itu pula juga menyayangi semua makhluk, mencintai setiap makhluk bagaikan menyayangi ibunda sendiri, maka anda akan tercerahkan, karena hati sejati itu adalah setara. Jika rasa sayang kepada ibunda dan makhluk lain berbeda, maka inilah yang Buddha katakan sebagai “maitri karuna karena berjodoh”.

Buddha berkata maitri karuna ada empat jenis. Orang awam memiliki “maitri karuna karena berjodoh”, anda menyayangi dirinya, maka bermaitri karuna padanya; sebaliknya jika anda tidak menyayangi dirinya maka takkan bermaitri karuna padanya, ini adalah orang awam. Seorang praktisi harus meningkatkan kondisi batinnya menjadi “maitri karuna terhadap semua makhluk”, saya mencintai seluruh makhluk, serupa dengan menyayangi ibunda sendiri, dengan melapangkan hati maka buah akibatnya juga tidak sama, inilah yang dikatakan oleh sesepuh terdahulu sebagai “dengan berlapang hati maka berkahpun besar”. Seberapa lapang hatimu maka seberapa besar pula pahalamu, jika anda dapat mencintai para makhluk, maka mereka juga akan menyayangi dirimu, “Insan yang tahu menyayangi orang lain maka juga akan disayangi”, buah akibat yang akan diterima sungguh luar biasa.

Sedangkan maitri karuna Bodhisattva adalah “maitri karuna karena jodoh Dharma”, Bodhisattva memahami bahwa semua Alam Dharma terbentuk karena pikiran, seluruh makhluk penghuni alam adalah muncul dari kesadaran (vijnana), Dia menyadari bahwa seluruh Alam Dharma dan semua makhluk penghuni alam adalah merupakan satu kesatuan dengan diri sendiri, maka itu hati maitri karunaNya adalah suci, setara dan tulus. Tetapi maitri karuna Bodhisattva masih memiliki syarat, sedangkan maitri karuna Tathagata adalah tanpa syarat, yakni apa yang disebut dengan “Maitri Karuna Buddha kepada semua makhluk adalah tanpa syarat“, kondisi batin sedemikian barulah mencapai kemurnian. Bodhisattva serupa dengan Buddha tetapi belum murni, sampai ketika mencapai KeBuddhaan barulah dapat sempurna.

Maka itu, seharusnya mengalihkan cinta kasih individual menjadi cinta kasih universal.




問:請問如何在孝親的情況下,又會放太多的感情?

答:愛是真心本性裡面的良德良能,是性德,但是愛不能有自私,摻雜著自私,愛就變質了。你熱愛你的母親,同時也熱愛一切眾生,愛一切眾生像愛母親一樣,你就明心見性了,因為真心是平等的。若愛母親與愛其他的人有差等,就是佛講的「愛緣慈悲」。

佛說慈悲有四種。凡夫是「愛緣慈悲」,你愛他,對他就慈悲;你不愛他,對他就不慈悲,這是凡夫。修行人要把這個境界往上提升到「眾生緣慈悲」,我愛一切眾生,都像愛母親一樣,如此心量就拓開了,果報就不同,這就是古德講的「量大福大」。你的心量大,福報就大,你能愛眾生,眾生自然就愛你,「愛人者,人恆愛之」,你得的回報非常殊勝。

菩薩的慈悲是「法緣慈悲」,菩薩了解虛空法界是唯心所現,國土眾生是唯識所變,他知道虛空法界、國土眾生與自己是一體,所以他的慈悲心是清淨、平等、真誠。但菩薩的慈悲還是有條件的,如來果地的慈悲心是沒有條件,所謂是「無緣大慈,同體大悲」,這個境界才達到純淨。菩薩境界與佛很相似,但不純淨,到如來果地上才真正到寂靜心現前。所以,應當把愛自己親人的愛,擴大去愛一切眾生。21-90-74