Rabu, 01 Januari 2014

Tanya Jawab 33



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Dua tahun yang lalu adik mengalami kecelakaan mobil dan meninggal dunia, demi kesehatan bunda, kami bersaudara memutuskan tidak memberitahukan hal ini kepada orang tua, dengan mengarang cerita bahwa adik telah bekerja di luar negeri, maka itu tidak pulang menjenguk ayahbunda. Kami tahu bahwa perbuatan kami yang berdusta pada ayahbunda adalah durhaka, tetapi kami juga tak berdaya. Kini kami menjadi makin menderita, sekali berbohong maka kelanjutannya harus terus berbohong lagi, apa yang harus kami lakukan? 


Master Chin Kung Menjawab :

Tindakan kalian muncul dari satu niat berbakti, ini bukan termasuk berdusta, kebohongan ini termasuk “pelanggaran yang bisa dimaklumi”, tidak melanggar sila. Jika orang tua setelah mengetahui kenyataan sehingga menjadi begitu pilu, maka lebih baik menggunakan cara trampil untuk menutupinya.

Nasehatilah beliau untuk melafal Amituofo, terhadap orang yang disayangi jangan ada kemelekatan, harus melepaskan, dengan demikian melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati barulah takkan ada rintangan.

Praktisi pelafal Amituofo yang gagal terlahir ke Alam Sukhavati, tidak lain karena dua sebab yaitu : yang pertama adalah karena tidak sanggup melepaskan orang yang disayanginya, ini termasuk keserakahan akan kasih sayang; selain itu adalah tidak bisa melepaskan jalinan permusuhan, mereka yang pernah menyakitinya, dia masih belum sempat membalas dendam, setiap saat menyimpannya di hati, ini adalah kebencian, dua hal ini menyebabkan  tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu, terhadap orang yang disayangi dan musuh yang dibenci haruslah dipandang dengan hambar, menfokuskan pikiran melafal Amituofo dan bertekad lahir ke Alam Sukhavati.

Anda harus selalu menceritakan keunggulan Alam Sukhavati dan kebaikan dari melafal Amituofo serta jasa kebajikan dan manfaat yang diperoleh, serta kisah-kisah mereka yang telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, kepada ibundamu.

Jika menjelaskan isi sutra, belum tentu beliau dapat mengerti dan berminat, jika menceritakan kisah mereka yang telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, mungkin beliau akan bersukacita mendengarnya. Dengan cara ini membantu dan memotivasinya.      




問:舍弟兩年前突然車禍死亡,我們兄弟姊妹為了母親的健康設想,商議共瞞老人家,藉詞他已經到外地遠方謀生,不回來探親。我們均知道如此作法是大不孝、大妄語,而又不得不犯上,欺騙老人家。如今深感艱難,步步圓謊,請問該如何是好?

答:你們的作法是一片孝心,這不叫妄語,這在妄語裡叫「開緣」,並沒有犯戒。如果老人知道後會非常悲痛,還是以善巧方便瞞著她好。勸老人念佛,對親情不要執著,要放下,這樣念佛往生就不至於產生障礙。

凡是念佛人到最後不能往生,總不外乎兩種因素:一種是親情放不下,這是貪愛;另外一種是冤家債主放不下,哪些人過去得罪他,他還沒有報仇,念念懷恨在心,這是瞋恚,都不能往生。所以,對於親情、冤家債主都要看得淡薄,一心專念阿彌陀佛,求生淨土。

你要常常把淨土的殊勝,念佛的好處、功德利益,以及你所知道的往生故事,講給老人聽。講經她未必能聽得懂,未必有興趣,講往生的故事她會很歡喜。用這個來幫助她,勉勵她,這樣就好。21-90-18