Kamis, 02 Januari 2014

Tanya Jawab 45



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Bagaimana caranya agar saya dapat melepaskan semua kemelekatan dan menfokuskan pikiran melafal Amituofo?
  
Master Chin Kung Menjawab :

Jika anda memiliki niat untuk melepaskan semua kemelekatan dan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka jangan menaruh segala hal di hati, dengan ketulusan sepenuhnya menfokuskan pikiran melafal Amituofo. Jika sudah melafal Amituofo tetapi masih ingin belajar ini dan belajar itu, maka anda belum bisa melepaskan kemelekatan.

Khususnya rintangan utama di dunia ini adalah membicarakan gosip, ini adalah rintangan yang paling berat. Jangan membicarakan gosip dan jangan mendengarkan gosip serta jangan menyebarkan gosip, maka pikiran pun jadi suci.

Orang lain menfitnah diriku, memarahiku atau bahkan memukuliku, saya juga harus melupakannya, dapat menjaga kesucian pikiran, takkan digoyahkan oleh kondisi luar.

Jika orang lain memarahimu, dan anda akan tersinggung selama beberapa hari; sebaliknya ketika dipuji, anda akan merasa senang, jika demikian sampai kapan anda baru bisa jadi tak tergoyahkan?

Orang lain memujimu, anda hanya menganggukkan kepala, jangan menaruhnya di hati, menuruti apa adanya! Ketika orang lain memarahimu atau memukulimu, senyumlah dan biarkan berlalu, jangan membuat perhitungan dengannya, ini sangat penting!

Lepaskan semua kemelekatan pada perasaan, kita harus rela menjalani kehidupan yang lebih sederhana dan menderita, takkan mengejar kesenangan materi, dengan menfokuskan pikiran melafal Amituofo barulah dapat melakukannya.

Di pasar banyak orang yang menggunakan perlengkapan rumah tangga untuk menipu anda, dia sedang menggoda anda, setelah melihatnya anda jadi goyah dan membelinya, karena tidak ada uang lagi maka anda kredit ke bank, bukankah ini namanya mencari masalah sendiri? Maka itu harus dapat menahan diri dengan hidup sederhana, tak terpengaruh dengan godaan di luar, hati pun jadi tentram.

Dengan kehidupan sederhana sudah cukup nyaman, tidak perlu harus membeli yang baru, jangan menjadi seorang yang memboroskan sumber daya, “menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada kebajikan yang dilakukan orang lain”.       




問:請問弟子該如何做才會萬緣放下,一心佛?

答:你有心想萬緣放下、一心念佛,世出世間一切法都不要放在心上,老老實實一心念佛就行了。如果念佛,還想學這個,還想學那個,你就放不下了。

特別是世間最關緊要的,就是是非人我要放下,這是最嚴重的障礙。絕不談是非,絕不聽是非,絕不說是非,心就會清淨。別人毀謗我、罵我、打我都好,我都能放下,都能保持自己的清淨心,不被外面境界所動搖。如果別人罵你幾句,你要生氣好幾天;讚歎你幾句,你就很歡喜,這樣你如何能學到「八風吹不動」?別人讚歎你,你也點點頭,不要放在心上,隨緣!別人罵你、打你,一笑置之,不與計較,這個重要!

五欲六塵要放下,我們要甘心情願過比較清苦的生活,絕不追求物質享受,這要一心念佛才能辦得到。市面上許多的家庭用具日新月異,它都在誘惑你,你看到就動心想去買,自己沒有錢還向銀行貸款,這不是自己找麻煩嗎?所以,要耐得過清貧,不受外面的誘惑,心就安了。我們這個小環境住得很舒服,就不必再想買新的,絕不做勞民傷財的事情,「恆順眾生,隨喜功德」,這樣就好。21-90-71