Selasa, 29 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 29



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 29

Pertanyaan :

Jika saya ke rumah teman untuk memperkenalkan VCD ceramah guru kepadanya, kemudian kami menyaksikannya bersama, apakah sebelum pemutaran VCD ceramah perlu memakai jubah dan bernamaskara?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini bukan di vihara, tidak perlu melakukan formalitas sedemikian. Apalagi di hadapan praktisi pemula, jika mereka melihat banyak sekali peraturannya, orang akan jadi terkejut dan tidak sudi lagi belajar Ajaran Buddha. Kami pernah bertemu dengan para kaum intelek, mereka sungguh tak biasa dengan sikap hormat membungkuk, katanya jika harus kepala menyentuh lantai, maka dia tidak sudi belajar Ajaran Buddha lagi.

Jika kita memberitahu mereka, belajar Ajaran Buddha boleh tidak perlu harus kepala menyentuh lantai, maka dia akan belajar Buddha Dharma. Tujuan kita adalah agar mereka mau datang belajar, bukan meminta kepalanya menyentuh lantai, harus paham akan kebenaran ini.

Setiap tindakan kita adalah untuk menuntun para makhluk, memberikan inspirasi kepada mereka, maka itu tak perlu diikat oleh peraturan. Jika menyaksikan VCD ceramah, jika anda lebih memahami materi di dalamnya, anda boleh menjelaskan pada insan lain, ini bagus. Kecuali di dalam pertemuan itu ada orang khusus, sehingga anda berniat menyelamatkannya dan anda tahu bahwa tindakan anda itu akan berdampak positif baginya; kesimpulannya harus bisa melihat situasi dan kondisi.

Di luar negeri banyak taman-taman umum, terutama di lapangan udara, ada beberapa umat luar negeri yang berlutut kemudian bernamaskara padaku, saya memahami mereka sedang berusaha menyelamatkan makhluk lain, membuat penampilan agar dilihat orang banyak. Karena jika umat Tionghoa yang bernamaskara padaku, hal ini dianggap biasa saja, tetapi begitu melihat orang luar negeri yang  melakukan namaskara, semua mata tertuju padaku, jadi ini adalah untuk menyelamatkan para makhluk. Maka itu, saat kapan harus melakukan apa, terlebih dulu harus mengamati waktu dan jalinan jodoh, harus memberi manfaat dan mempengaruhi pada insan lain.



問:如果到朋友家中去宣傳法師講法光碟,並一同觀看,請問在觀看前可否著海青對光碟頂禮敬拜?

答:這不是正式的道場,可以不必拘泥這些形式。尤其是對初學者,如果要這麼多規矩,往往就把人嚇到了,他就不願意學佛了。我們曾經遇到很多知識分子,他對頂禮很不習慣,他說如果要磕頭,就不學佛了。如果我們告訴他,學佛可以不要磕頭,他就會學佛了。我們的目的是要他來學佛,不是要他來磕頭的,要懂得這個道理。我們一舉一動都是接引眾生,給眾生一個很好的啟發,所以不需要拘束禮節。如果一同看錄相帶,裡面的內容你懂得比別人深刻一點,你可以為人講解,這是好的。除非這裡面有些特別的人物,你刻意要度他,你知道這種作法有正面的影響就可以;總而言之,要會觀機。

  我們在國外許多公共場合,尤其在機場,有些外國同修跪下來向我禮拜,我知道他們這是度眾生,做給大家看的。因為中國信徒對我禮拜,大家漠不關心,看到外國人向我禮拜,每個人的眼睛都亮起來了,所以這是有度化眾生的意思。因此,什麼時候該怎麼做,要觀察當時的時節因緣,要利益眾生,影響別人。21-090-0081