Selasa, 31 Desember 2013

Tanya Jawab 28


Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Ada sekelompok penganut aliran luar sering datang ke vihara kami, beberapa pengurus bahkan tidak memperbolehkan mereka masuk ke ruang kebaktian, bagaimana seharusnya?


Master Chin Kung Menjawab :

Cobalah memberi anjuran pada mereka, andaikata mereka memang ingin masuk ke dalam ruang kebaktian dan bersedia mengikuti kebaktian bersama melafal Amituofo, maka biarkan mereka ikut bergabung. Buddha dan Bodhisattva menyelamatkan semua makhluk, juga tidak menolak penganut aliran luar.

Ketika Buddha Sakyamuni berada di dunia, ada 96 jenis aliran luar yang belajar padaNya, berguru pada Buddha, Buddha juga menerima mereka, dapat kita lihat di sini bahwa Buddha tidak menolak kehadiran para penganut aliran luar.  

Sebaliknya jika mereka tidak bersedia menaati peraturan ruang kebaktian pelafalan Amituofo, mengacaukan para umat, maka kita harus mempersilahkan mereka keluar, pasti tidak boleh mengacaukan para umat yang sedang melatih diri. Maka itu bukan hanya aliran luar yang kita tolak; bahkan umat yang tidak bersedia mematuhi peraturan juga harus kita persilahkan keluar.

Dahulu kala, Master Hui Yuan dari Gunung Lu memiliki seorang teman baik yakni Upasaka Xie Ling-yun, dia adalah penulis besar. Dia ingin ikut dalam “kebaktian bersama melafal Amituofo”, tetapi karena tabiatnya sangat buruk, tidak sanggup mematuhi peraturan di dalam ruang kebaktian, maka itu Master Hui Yuan menolaknya.

Master Hui Yuan masih memiliki teman baik lainnya yakni Tao Yuan-ming, dia sangat mematuhi peraturan, Master Hui Yuan mempersilahkannya masuk ke ruang kebaktian pelafalan Amituofo, tetapi sayangnya Tao Yuan-ming tidak bersedia hadir.

Dapat kita lihat bahwa yang dapat mematuhi peraturan maka senantiasa disambut, tak peduli apakah dia itu adalah penganut aliran luar. Andaikata dia adalah penganut aliran luar, kita juga harus mengulurkan tangan menyambut mereka, membantu mereka mengenal Buddha Dharma, ini barulah hati maitri karuna.     


  

問:一些外道的經常到佛堂來,有些居士不准他們進念佛堂,請問應該怎麼辦?

答:應當先勸導,他要是遵守念佛堂的規矩,隨著大眾一起共修,就歡迎他。佛菩薩普度眾生,也不拒絕外道。世尊當年在世,九十六種外道跟佛學習,依佛作老師,佛都收容,可見得佛並不拒絕外道。如果他要是不遵守念佛堂的規矩,擾亂大眾,我們一定要請他出去,決不能破壞大眾修行。所以,不是說他是外道,我們拒絕;而是守規矩的人歡迎,不守規矩的人請他出去。

過去中國廬山遠公大師有個好朋友謝靈運居士,這是一位大文學家。他想參加「東林念佛堂」,但是因為他的習氣太重,無法遵守念佛堂的清規,所以遠公大師拒絕他。大師還有一位好朋友陶淵明,他很守規矩,遠公大師歡迎他到念佛堂,但是他不肯來。由此可知,能夠遵守大眾共修的規矩,一律歡迎,不論他是否有神通,是否為外道。外道,我們也要接引他,幫助他接觸正信的佛法,這才是慈悲心。21-90-26