Minggu, 08 Desember 2013

Empat Materi Sederhana Master Yongming Yanshou 11



Maka itu saat sekarang ini lepaskanlah semua bentuk-bentuk pikiran, karma buruk yang pernah dilakukan jangan diulangi lagi, dan juga jangan dipikirkan lagi, karena bila memikirkannya maka akan mengganggu konsentrasi anda dalam melafal Amituofo, yang juga berarti anda telah merintangi diri anda sendiri. Saya dapat membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati, Buddha Amitabha telah mengucapkan bahwa berapapun berat rintangan karma yang anda miliki, bahkan lima perbuatan jahat yang berat dan sepuluh kejahatan juga dapat membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati.

Lima perbuatan jahat yang berat pada umumnya tidak dilakukan oleh sebagian orang, karena anda tidak memiliki berkah yang cukup untuk melakukannya, contohnya melukai Buddha, ini termasuk dalam lima perbuatan jahat yang berat, apakah anda sanggup melakukannya? Sedangkan Buddha berada di mana saja, anda tidak mengetahuinya, bagaimana anda bisa melukai Buddha? Betulkan? Walaupun anda ingin melakukannya juga tidak bisa. Membunuh ayahbunda, sebagian orang juga takkan melakukannya. Walaupun orang yang pernah melakukan lima perbuatan jahat yang berat dan sepuluh kejahatan, tetapi dengan menfokukan pikiran melafal Amituofo dan bertekad lahir ke Alam Sukhavati, juga akan memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, inilah yang dimaksud dengan Ajaran Sukhavati. Maka itu disebut “puluhan ribu orang melatihnya, puluhan ribu orang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”, andaikata ada sepuluh ribu praktisi yang melatih metode Sukhavati, maka sepuluh ribu praktisi ini pasti akan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Sampai di Alam Sukhavati dan bertemu dengan Buddha Amitabha, Buddha Amitabha akan menggunakan tanganNya mengelus puncak kepala anda, kemudian membabarkan Dharma kepada anda, sehingga anda mencapai pencerahan besar. Maka itu disebutkan “jika dapat bertemu dengan Buddha Amitabha, buat apa merisaukan takkan tercapainya pencerahan”, anda tak perlu tergesa-gesa, semakin anda tergesa-gesa ingin mencapai pencerahan, maka anda akan semakin jauh dari pencerahan. Jika anda “tergesa-gesa”, ini adalah khayalan dan kemelekatan, sehingga menyumbat pintu pencerahan anda, maka itu anda hanya perlu melafal Amituofo dengan setulusnya, sampai di Alam Sukhavati pasti akan mencapai pencerahan.

Jika anda berharap bahwa dalam kehidupan ini juga dapat mencapai pencerahan, setelah tercerahkan saya dapat membabarkan Dharma, karena melihat Bhiksu lainnya dapat berceramah sehingga banyak umat yang salut dan memujanya, serta memberi persembahan, sehingga anda juga ingin meneladaninya, maka itu terlebih dahulu saya tidak sudi pergi ke Alam Sukhavati, saya hendak menyebarkan Dharma dulu. Jika anda memiliki pemikiran sedemikian, maka saya katakan pada anda, dirimu sedang berada dalam bahaya besar, kelak mungkin anda akan terpuruk. Saat sekarang anda hanya membangkitkan niat ini, tetapi di dalamnya terkandung maksud lain, yakni ketenaran dan keuntungan! Keserakahan ini belum anda lepaskan, anda masih rakus akan ketenaran dan keuntungan, tamak akan menyebarkan Dharma dan memberi manfaat kepada orang banyak, ini juga disebut masih belum melepaskan, ini bukan disebut metode Sukhavati.

Menasehati orang lain melafal Amituofo sedangkan diri sendiri enggan melafalnya, menasehati orang lain agar bertekad lahir ke Alam Sukhavati sedangkan diri sendiri tidak sudi ke sana, ini bukan disebut metode Sukhavati. Metode Sukhavati yang sesungguhnya adalah sampai niat untuk menyebarkan Dharma memberi manfaat bagi orang banyak juga harus dilepaskan, apa itu memupuk pahala dan kebajikan juga bagus, tetapi sekarang saya harus ke Alam Sukhavati. Metode lainnya hanya boleh digunakan sebagai pelengkap, tetapi tidak boleh melepaskan Aliran Sukhavati dan mempelajari aliran lain, ini adalah kesalahan besar.


Dikutip dari Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Empat Materi Sederhana Master Yongming Yanshou
Tanggal : 28 Agustus 2013



所以現在這些妄念都放下,過去造的罪業以後別再造了,現在也不要去想它,想它就耽誤你念佛,你自己就耽誤自己了。我可以帶業往生,佛講了你再重的業,五逆十惡都能夠帶業往生。五逆一般人造不了,你沒那個福報還造不了五逆,譬如說出佛身血,這是五逆罪,你能造嗎?佛在哪兒你都見不到,你怎麼出佛身血?對吧?你想造造不了。殺父害母,一般人也不會造吧。即使像造了這種五逆十惡重罪的人,一心念佛求生西方都能蒙佛攝受,這樣叫有淨土。所以「萬修萬人去」,一萬個人念佛一萬個人往生。

到了西方見了阿彌陀佛,阿彌陀佛用他的手給你摸頂,然後給你說法,你就大徹大悟了。但得見彌陀,「何愁不開悟」,你不用著急現在開悟,你愈著急愈不開悟,你一著急那是妄想是執著,把你的悟門都堵死了,你就老老實實念佛,去了西方肯定開悟。

如果說我還想這一生求開悟,開了悟我能夠講法,看到那個法師講經說法法緣殊勝,那麼多人都頂禮、膜拜、供養,好羨慕他,我也要學他,我先不求西方,我要去學弘法利生,我告訴你,你很危險,將來你可能就墮落。你現在即使發了這個心,裡頭有夾雜,夾雜什麼?名利!這個貪沒放下,你還貪名聞利養,貪這弘法利生,那都是沒放下,那不叫有淨土。勸人念佛,自己不肯念,勸人去西方自己不去西方,那不叫有淨土。真正有淨土,弘法利生都放下,什麼修福修慧很好,我現在先去西方,禪、律、密,當然有緣我們用它來做修持,加持自己往生的資糧,這是可以的,不能說捨棄淨土法門去求其他的,那你就大錯特錯。


定弘法師主講
2013/8/28