Sabtu, 03 Mei 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 71



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 71

Pertanyaan :

Bagaimana kita bisa mengetahui apakah orang itu sudah mencapai pencerahan atau belum?

Master Chin Kung Menjawab :

Pencerahan seseorang tidak perlu mengundang orang lain untuk menjadi pengesah, diri sendiri pasti jelas dan mengerti. Standar pengukurannya adalah telah melenyapkan kekotoran batin lobha, dosa dan moha, jika masih ada lobha, dosa dan moha, masih ada perasaan aku benar dan dia salah, beragam perbedaan dan kemelekatan masih ada, maka ini belumlah mencapai pencerahan.

Setelah perasaan aku benar dan dia salah, lobha, dosa dan moha sudah dilenyapkan, maka hatimu akan selamanya suci dan seimbang. Melihat rupa dan mendengar suara, anda akan menyadari bahwa kondisi batin sekarang sudah berbeda dengan yang dulu; terhadap permasalahan anda akan memiliki pengamatan yang sangat mendalam dan jauh, jelas dan paham.

Maka itu disebut memperoleh “samadhi mendalam dan prajna mendalam”, mengerti niat pikiran para makhluk baik masa lampau, sekarang dan masa mendatang. Saat itu anda akan lebih tercerahkan. Maka itu, fenomena pencerahan adalah mengembalikan kemampuan dan kebijaksanaan yang memang sejak awal sudah dimiliki oleh jiwa sejati kita.



問:請問如何知道一個人已開悟?

答:一個人的開悟不必請他人印證,自己應該清楚明瞭。判斷標準是斷除了貪瞋痴煩惱,如果還有貪瞋痴,還有是非人我、種種分別執著的存在,決定沒開悟。是非人我、貪瞋痴慢斷除了,你的心地永遠保持清淨、平等。見色聞聲,你能體會到與過去完全不同的境界;你對事物能觀察得非常深遠,清楚明瞭。所謂得「甚深的禪定、甚深的智慧」,明瞭過去、現在、未來,明瞭眾生的心念。此時你便開悟了。所以,覺悟的現象是恢復了我們自性中本來的能力、智慧。21-058-0001