Sabtu, 03 Mei 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 67



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 67

Pertanyaan :

Bagaimana caranya membantu anak-anak untuk belajar Ajaran Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Diantara anak-anak juga ada jelmaan Buddha dan Bodhisattva, orang awam tidak mengenalinya. Di dalam Avatamsaka Sutra tercantum tentang Sudhana yang mengunjungi 53 orang kalyanamitra, diantaranya ada dua orang anak-anak yakni De Sheng dan You De; dan di dalam “Saddharma Pundarika Sutra” ada kisah tentang Putri Naga usia 8 tahun sudah mencapai KeBuddhaan, semua ini adalah jelmaan Buddha dan Bodhisattva.

Melatih diri paling baik dimulai dari usia dini, menanam akar dengan kuat. Saat kini pemerintah Australia telah menetapkan undang-undang, sejak taman kanak-kanak dan sekolah dasar sudah harus ada pelajaran agama, jadi sejak kecil sudah dididik.

Maka itu Sekretaris Departeman Kebudayaan Australia, meminta padaku bahan pembelajaran Ajaran Buddha untuk anak-anak. Tindakan Australia ini, menurutku mereka meneladani Inggris. Tahun lalu, Inggris mulai menerapkan Ajaran Buddha baik dalam sekolah dasar, menengah dan universitas.

Vihara memiliki peraturan tersendiri, jika anak-anak dapat mematuhi peraturan, kami akan bersukacita menyambutnya. Jika sebaliknya anak-anak tidak bisa mematuhi peraturan, mengacaukan vihara, maka tidak boleh ikut. Namun ini juga ada pengecualiannya. Jika anak-anak suka melafal Amituofo tentunya akan membuat orang jadi tergugah. Maka itu, meskipun vihara memiliki peraturan, namun juga ada pengecualian, asalkan dia benar-benar datang untuk melafal Amituofo, maka kita tidak boleh memandangnya sebagai anak-anak biasa. Apabila dia sangat bandel, mengacaukan orang lain, maka  persilahkan dia keluar, ini harus disiplin. Juga harus melihat keadaan pada saat itu, untuk membuat keputusan harus menggunakan kebijaksanaan.



問:請問如何幫助兒童學佛?

答:兒童當中也有佛菩薩再來的,凡夫不認識。《華嚴經》的「善財童子五十三參」,就有兩個小朋友:德生童子、有德童女;《法華經》講的龍女八歲成佛,這都是諸佛菩薩示現的。

真正修學最好從小開始,根紮得堅固。現在澳洲政府已經制定法律,從幼稚園、小學就要讀宗教課程,這是從小培養。所以,澳洲文化局局長尤里先生,向我們蒐集小朋友的學佛教材。澳洲這種作法,我想是從英國學來的。前年,英國在小學、中學、大學裡就開始有佛經課程。

  道場有道場的規矩,若小朋友能守規矩,我們應當歡迎。小朋友不守規矩,擾亂道場,就不能來。所以,規矩也不離人情,情、理、法三方面都要兼顧。小朋友真念佛,歡喜念佛,能讓大人受感動。所以,道場雖有規矩,但也有情理,只要他是真的來念佛,我們就不能將他看成兒童。如果他很頑皮,擾亂別人,就請他出去,這要嚴厲執法。同時也要看當時環境來處理,用智慧判斷。21-080-0001