Jumat, 28 Maret 2014

Bakti 06



Pertanyaan :

Guru penabhis saya suka membangun vihara, setelah selesai mendirikannya namun aktivitas di dalamnya tidak sesuai Buddha Dharma, sekarang dia ingin saya membantunya. Sementara saya menggunakan waktuku setiap hari 8 jam untuk melafal Amituofo dan 4 jam mendengar rekaman ceramah. Tetapi guruku selalu mengajakku atau mengutus umat datang mengajakku, saya sudah menolak semua ajakan mereka. Apakah tindakan saya ini disebut melawan guru dan tidak berbakti? Mohon guru bermaitri karuna memberi ceramah.

Master Chin Kung Menjawab :

Jika tindakan guru anda tidak sesuai dengan Dharma, boleh dengan cara-cara trampil menasehatinya. Sementara anda sendiri melatih diri, limpahkan saja jasa kebajikan ini kepada gurumu, memohon Buddha dan Bodhisattva memberkatinya, agar segera kembali ke jalan yang benar, bertindak sesuai Dharma.

Menurutku, membangun vihara itu sangat disayangkan, menanam seluruh dana persembahan umat ke dalam tanah, tidak berguna. Saya pribadi takkan sudi membangun vihara, saat  kini di tempat ini telah dibangun sebuah ruang ceramah, dengan ruang rekaman, jaringan internet dan stasiun televisi sebagai fasilitas utama, mengadakan pengajaran jarak jauh.

Pada saat yang sama, praktisi di seluruh belahan dunia dapat belajar bersama diriku, mengadakan kelas bimbingan untuk menghasilkan penceramah-penceramah berbakat, ini sangat penting, jangan lagi mendirikan vihara.

Jika ingin membangun vihara, bangunlah dengan gaya serupa sekolah, jangan gaya istana, gaya istana telah menghamburkan banyak uang, tiada artinya.




問:我的剃度師常歡喜建寺,建好後又不如法,現在又要弟子去幫忙。我在大善寺道場每天八小時念佛,四小時聽法,而師父總是來勸我去,或叫居士來勸,我一一拒絕。請問這樣是否違背尊師重道、孝道?請師父慈悲開示。

答:如果師父做的不如法,可以善巧方便地勸導他。你自己修行,將你的修行功德迴向給他,求佛菩薩加持他,希望他早一天能夠回頭、能夠如法。我覺得建寺廟非常可惜,是把眾生的一切供養埋在地底下,不起作用。我絕對不建道場,現在這個地方建了個講堂,是以攝影棚為主,以網際網路為主,以衛星電視為主,做遠距離的教學。全世界的同學都可以同時跟我們在一起學習。辦佛學院培養弘法人才,這是很重要的,不要再蓋廟了。建道場,要建成學校的形式,不要建宮殿式,宮殿式浪費錢財太多,沒有意義。21-271-0001