Jumat, 04 April 2014

Melafal Amituofo 21




Tanya Jawab Seputar Melafal Amituofo 21

Pertanyaan :

 Apa manfaat dari melakukan pradaksina (mengelilingi altar Buddha sambil melafal Amituofo)?

Master Chin Kung Menjawab :

Melakukan pradaksina memiliki manfaat yang banyak, dalam kaitannya dengan ilmu kesehatan, pradaksina merupakan cara terunggul. Perlu diketahui bahwa kehidupan adalah paduan dari jiwa dan raga, pikiran kita harus diam, semakin suci semakin sehat; tubuh harus begerak, tubuh adalah mesin, tidak bergerak bisa karatan, maka jatuh sakit.

Melakukan pradaksina adalah tubuh bergerak sementara pikiran tidak, sama pula halnya dengan bernamaskara pada Buddha. Maka itu, ada praktisi yang melatih bernamaskara pada Buddha, sehari bernamaskara tiga ribu kali, saat bernamaskara pikiran suci dan tulus, di dalam hati hanya ada sepatah Amituofo, takkan ada bentuk pikiran kedua lagi, tubuh terus berolahraga, ini melatih rasa hormat.

Pradaksina adalah cavkramana, yakni berjalan perlahan sambil melafal Amituofo, dapat mencegah rasa ngantuk dan kehilangan konsentrasi. Ada sebagian orang yang melafal Amituofo walau hanya sejenak sudah mengantuk, setelah berjalan maka ngantuk pun hilang; ada juga praktisi yang di dalam pikirannya banyak sekali masalah-masalah ruwet sehingga tidak bisa berkonsentrasi, namun dengan langkah pelan sambil melafal Amituofo, maka pikiran pun jadi terfokus, ini adalah cara untuk membangkitkan ketekunan melafal Amituofo, juga adalah cara memelihara kesehatan.

Di dalam Avatamsaka Sutra tercantum bahwa Bhiksu De Yun yang menfokuskan diri melatih pintu Dharma pelafalan Amituofo, dia melatih Pratyutpanna Samadhi, secara keseluruhannya hanya melakukan pradaksina saja, tidak duduk juga tidak berbaring, siang malam 24 jam tidak terputus melakukan pradaksina, melafal Amituofo.  






問:請問繞佛有什麼好處?

答:繞佛的好處非常多,繞佛是養生之道中最殊勝的方法。要曉得生命是精神與物質和合的,肉體是物質,靈性是精神。我們的心要靜,愈清淨愈健康;身要動,身是機器,不動就生銹、就生病了。

繞佛是身動心不動,繞佛與拜佛是同樣的道理。所以,有些人修拜佛,一天拜三千拜,拜佛的時候心清淨真誠,心裡面只有一句阿彌陀佛,沒有第二個雜念,身不斷在運動,這是修禮敬。

  繞佛是經行,就是緩慢的散步,可以收到修學當中不昏沈、不掉舉的效果。有些人念佛念了一會兒就打瞌睡,散步就不會了;有些人心裡面七上八下止不住,但是在緩慢散步念佛,心就定了,這是用功的方法,又是養生之道。《華嚴經》的德雲比丘專修念佛法門,一般稱為「般舟三昧」,完全是繞佛,不坐下來也不躺下來,晝夜二十四小時不間斷的繞佛、念佛。21-090-0084