Rabu, 01 Januari 2014

Tanya Jawab 35

 

Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Apakah benar di rumah tidak boleh mendirikan papan sembahyang leluhur? Kabarnya ini bisa membuat mereka jadi melekat sehingga tidak rela pergi?

Master Chin Kung Menjawab :

Perkataan ini juga ada benarnya, tetapi dalam Ajaran Buddha dan Ajaran Ru sangat menitikberatkan pada berbakti, di rumah kita meletakkan papan sembahyang leluhur di samping Rupang Buddha adalah dibenarkan. Andaikata dia memang tidak rela pergi, papan sembahyang diletakkan di samping Rupang Buddha, setiap hari membaca sutra dan bernamaskara pada Buddha kemudian melimpahkan jasa kebajikan agar leluhur terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini tidak masalah.

Jika hanya mendirikan papan leluhur, tetapi tanpa Buddha Rupang, maka ini mungkin akan menimbulkan keraguanmu. Lagipula tindakan kita ini dapat memberi teladan baik bagi masyarakat, setiap saat tidak melupakan leluhur, ini juga menggalakkan ajaran bakti.   




問:請問家中是否不應供奉歷代祖先?聽說這樣會牽制亡者的神識,令他們不忍離去?

答:這個說法似乎有一點道理,但是儒跟佛都非常重視孝道,在家裡將祖先牌位供在佛像的旁邊是正確的。如果他真的不忍心離去,牌位供在佛像旁邊,每天誦經拜佛迴向往生,這就沒問題。如果只供祖先牌位,不供佛像,可能會產生你的疑問。而且我們這麼做也給社會大眾做一個好榜樣,念念不忘祖先,這是提倡孝道。21-90-32