Selasa, 29 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 35



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 35

Pertanyaan :

Saya belajar Ajaran Buddha sudah lebih dari dua tahun, selalu kerasukan makhluk halus, tidak berani mengatakannya pada orang lain, takut insan lain kehilangan keyakinan dan takut belajar Ajaran Buddha. Bagaimana sebaiknya?

Master Chin Kung Menjawab :

Masyarakat masa kini, tak peduli di dalam maupun luar negeri, tidak hanya praktisi Aliran Sukhavati, namun juga praktisi aliran lainnya, yang mengalami kondisi sedemikian, semuanya hampir serupa. Mengapa ada kejadian sedemikian?  Ini tak terpisahkan dari musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampau yang datang minta keadilan, tetapi ada juga yang datang cari masalah, ada juga yang datang melindungi praktisi, semua hubungan ini tergantung pada bagaimana diri sendiri berkomunikasi untuk berdamai dengannya. Harus menjelaskan padanya, anda boleh bertanya padanya siapakah dia, dan apa hubungannya dengan dirimu.

Di vihara “Singapore Jushilin Lay Buddhists Society” ada seorang umat yang bernama Du Mei-xuan, kerasukan makhluk halus, umat lain yang berada di sampingnya bertanya siapa si makhluk halus itu, kemudian makhluk halus itu menjawab bahwa mereka adalah “musuh kerabat penagih hutang masa lampau” si ketua vihara yang sedang jatuh sakit. Mereka tidak memiliki niat jahat, karena si ketua vihara melafal Amituofo dan bertekad lahir ke Alam Sukhavati, mereka merasa sangat bersukacita, dan juga ingin ikut terlahir ke sana, maka itu mereka minta di visudhi-kan.

Kemudian kami memberikan Visudhi Trisarana bagi mereka, setelah itu mereka ingin mendengar ceramah tentang Ksitigarbha Sutra, maka itu kami memutar kaset ceramah di lantai satu dan dua vihara, selama 24 jam setiap hari hingga dua, tiga bulan kemudian. Ini adalah memberikan persembahan kepada mereka, agar mereka memiliki kesempatan mendengar ceramah Dharma, maka permusuhan dapat terurai, mereka takkan datang cari masalah lagi, malah akan jadi Pelindung Dharma.

Maka itu anda harus memberitahu mereka, setiap hari saya melafal Amituofo dan membaca sutra kemudian melimpahkan jasa kebajikan ini kepada anda, atau melatih diri bersama-sama, jangan merasuki tubuh orang dan mencelakainya.  Karena dengan merasuki tubuh sehingga hawa manusia dan kekuatannya akan jadi melemah, maka tidak memiliki tenaga untuk melatih diri.  Juga bilang kepadanya bahwa, anda boleh di rumahku atau di vihara untuk melatih diri bersama-sama, kita meningkatkan ketekunan dalam melatih diri. “Hal yang beralasan maka pemikiran juga akan sama”, kita harus jelaskan padanya, semoga kedua pihak juga dapat menerimanya, maka persoalan ini akan selesai.

Maka itu, harus berkomunikasi dengan makhluk halus yang merasuki tubuh, menjadi kalyanamitra bagi mereka, saling mendukung, saling menghormati, saling menyayangi, saling membantu dan tidak membedakan. Dengan demikian, juga akan meningkatkan mawas diri bagi kita, karena makhluk halus mengawasi kita, sehingga timbul niat pikiran, ucapan dan tindakan, tidak berani bertentangan dengan Ajaran Buddha.

Kita senantiasa menuruti apa yang diajarkan Buddha, para musuh kerabat penagih hutang yang berada di samping kita akan bersukacita, juga akan memberi dukungan pada diri kita.




問:學佛兩年多了,卻常常發生靈鬼附身的事情,也不敢和別人講,怕別人失去信心不敢學佛。請問該怎麼辦?

答:現前社會,無論國內或國外,不但是修淨土,或修其他法門,遭遇這些境界的,比比皆是。何以會有這些遭遇?總不外乎過去生中的冤親債主找上門,但有些是來找麻煩的,有些是來護法的,這其中的關係完全要靠自己與他溝通來調整。遇到這個境界一定要跟他說明,你可以問他是什麼人,與你是什麼關係。

「新加坡佛教居士林」也有一位杜美旋居士被靈鬼附身,旁邊的人就問他是什麼人,他們說是老林長的冤親債主。他們沒有惡意,因為老林長念佛往生淨土了,他們看到非常歡喜,非常嚮往,所以來求皈依。我們就替他們皈依,皈依之後,他們指名要聽《地藏經》,於是我們在居士林一、二樓的餐廳,用電視播放講經的錄相帶,日夜不停止的播放了兩、三個月。這是供養他們,讓他們有機會聽經,這就化解了,他們就不找麻煩了,反而會來護持。

所以,你要告訴他,我每天念佛誦經給你迴向,或者你也跟我一起共修,不要附在身上傷害人。因為附在身上,人的元氣、體力大受損傷,就沒有精力來修行了。並告訴他,你可以在我家或者在佛堂一起共修,我們更精進更努力的來學習。「人同此心,心同此理」,我們要為他說明,希望彼此都能接受,這個問題就化解了。

  因此,一定要跟借用身體的那些眾生溝通,跟他做善友,彼此互相扶持,互相尊重,互相敬愛,互相幫助,不分彼此。如此,對我們也會造成高度的警覺,因為有鬼神在鑒察我們,我們起心動念、言語造作不敢違犯佛陀的教誨。我們樣樣都遵循佛陀的教誨,這些冤親債主在我們身邊看到會生歡喜心,也會護持我們。21-090-0084